Prestasi Badminton Indonesia Turun, Siapa yang Salah?

Posted on
  • Tuesday, May 14, 2013
  • by
  • Bandar Tplink
  • in
  • Labels: , , , , ,


  • Tim Badminton Indonesia Di Sea Games 2011
    Kita ketahui Indonesia merupakan salah satu juara dalam hal badminton di dunia Internasional. Negara mana yang tidak mengetahui prestasi Indonesia di pentas kejuaraan badminton. Indonesia pernah menempati atletnya sebagai pemecah rekor dunia sebagai juara sebanyak tujuh kali berturut-turut. Prestasi ini tidak diraih oleh Negara manapun sampai saat ini, hanya Indonesia yang mampu membuat sejarah tersebut. Sebenarnya prestasi Indonesia dibidang badminton tidak bisa dianggap remeh, karena sudah dari tahun 1950an Indonesia sudah bisa meraih juara Internasional. Padahal umur persatuan badminton di Indonesia belumlah berumur tua, namun prestasi yang di torehkan sudah sangat baik untuk pendatang baru seperti Indonesia. Dikala itu semangat nasionalisme lah yang membuat para atlet bisa meraih prestasi yang tinggi bukan karena raket, sepatu atau fasilitas lainnya.

    Berbeda dengan keadaan pada zaman dahulu, presatasi badminton Indonesia saat ini masih jauh dari kondisi pada zaman kejayaan badminton Indonesia. Entah karena kesalahan regenerasi atau salah pemerintah yang kurang perhatian akan salah satu olahraga ini. Untuk masalah regenerasi, saat ini Indonesia tidak pernah kekurangan pemain muda yang berbakat. Terbukti dengan banyaknya pemain muda yang mulai mengisi pada posisi timnas senior badminton Indonesia. Banyak klub-klub yang membina pemain muda untuk dididik menjadi pebulutangkis yang berkualitas secara intelektual dan skill. Karena pada zaman modern sekarang ini, skill tidaklah cukup untuk membuat Indonesia bisa memenangi disetiap pertandingan. Lantas, apakah kurangnya sifat nasionalisme pada era modern saat ini? Saya rasa untuk masalah nasionalisme para atlet sudah tidak diragukan lagi. Membawa nama bangsa sendiri di kancah internasional siapa yang tak bangga?
    Taufik Hidayat Pemenang Medali Emas Olimpiade 2004

    Lalu apa lagi faktor yang membuat prestasi badminton Indonesia bisa turun drastic seperti ini? Mungkinkah dukungan dari masyarakatnya yang sudah tidak “care” terhadap olahraga ini? Pada dasarnya fakta ini sudah bisa kita lihat jelas dari setiap pertandingan timnas yang dilaksanakan di Indonesia . Apakah dukungan terhadap bulutangkis Indonesia seramai dukungan untuk olahraga sebelah? Ya memang benar, dukungan supporter memang tidak dapat dianggap remeh. Semangat para atlet sudah pasti terpompa sampai berkali-kali lipat ketika mendengar teriakan “Innndooonesiaaaa”. Dukungan dari masyarakat Indonesia merupakan salah satu dukungan yang penting. Di Indonesia sendiri sudah banyak hal yang mendukung agar badminton dapat menjadi salah satu olahraga yang mampu mengharumkan nama bangsa. Hal tersebut diantaranya sarana,pemerintah serta hal lain seperti kompetisi. Sebenarnya Indonesia memiliki kompetisi super series yang sekelas dunia bahkan terbaik di dunia. Sejak tahun 1982 PT Djarum dan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengadakan kompetisi sekelas internasional yang biasa dikenal dengan Djarum Indonesia Open (DIO) yang terakhir diadakan pada bulan Februari bulan lalu.

    Dukung badminton sebagai kebanggan bangsa!Dengan adanya kompetisi ini, sudah cukup membuat nama Indonesia dikenal dimata dunia. Apakah Indonesia kurang bangga dengan kompetisi sebaik ini? Saya harap Indonesia tidak cepat bangga, agar kompetisi ini bisa terus menuju kesempuranaan nantinya. Oleh karena itu, janganlah kita berbangga hati dengan kompetisi kita namun presatasi masih terpuruk. Seperti yang saya bahas tadi, dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia lah yang amat sangat mempengaruhi prestasi badminton Indonesia. Pasalnya, untuk siapa prestasi ini diraih? Apakah atlet tersebut? Apakah pelati atlet tersebut? Tidak, saya yakin prestasi tersebut pasti dipersembahkan untuk bangsa dan rakyat Indonesia. Oleh karena itu, jangan sampai salah satu olahraga yang membanggakan bangsa ini terus terpuruk. Dukung badminton Indonesia agar kembali bisa bersinar kembali. Salah satu dukungannya yaitu dengan membantu visi Djarum Indonesia Open yaitu  "Djarum Indonesia Open mendukung badminton sebagai kebanggaan bangsa". Dan visi tersebut akan tercapai jika Indonesia meraih prestasi yang gemilang di kancah Internasional. Dukungan masyarakat terus dibutuhkan demi terwujudnya Badminton Sebagai Kebanggan Bangsa.


    0 comments:

    Post a Comment

    Please No Junk